Review ROM CM 12.1 Nightly Butterfly Andromax A

Kali ini saya akan mengulas ROM CM (CyanogenMod) 12.1 Butterfly Andromax A . ROM ini juga dikenal dengan nama ROM "Nightly Butterfly" atau dalam bahasa Indonesia "Kupu-kupu malam". ROM ini berbasis Lolipop 5.1.1 .

Ingin tahu kelebihan dan kekurangan dari ROM 12.1 Butterfly ini ?, berikut ulasan saya tentang ROM ini.

Tampilan

Tidak ada yang istimewa pada tampilan ROM CM 12.1 Butterfly. Home screen bertemakan lolipop yang sangat umum digunakan. Menu App di ROM CM 12.1 Butterfly hanya bisa di scroll secara horizontal. Untuk tampilan di pengaturan perpaduan warna hijau dan putih membuatnya enak dilihat.

Performa

Soal performa tak usah ragu terhadap ROM ini karena selama memakai ROM ini saya jarang sekali menjumpai lag dalam penggunaan non-games, tapi bagaimana dengan penggunaan game ?, tak perlu risau karena dalam penggunaan game sudah cukup memuaskan, contohnya saja saya gunakan Andromax ini untuk memainkan game-game yang cukup berat seperti Bully Scolarship edition, AOV (Arena Of Valor), Mobile Legend, dan Asphalt 7

Untuk game Bully untuk setting high sudah cukup lancar khususnya ditempat yang sepi dan didalam gedung tetapi ketika didepan gedung utama sekolah yang ramai akan terasa sedikit lag. Walaupun sedikit lag game ini tetap nyaman untuk dimainkan.

AOV cukup lancar di ROM CM 12.1 Butterfly ini dengan catatan graphic di setting low, Jika dipaksakan setting high pasti akan terasa kecepatan permainan menurun dan akan ada peringatan untuk menurunkan kualitas graphic.

ROM CM 12.1 ini memang lancar memainkan Mobile Legend tetapi dalam rentang waktu yang cukup lama akan terasa panas kemudian lag parah. Saya sarankan ketika memainkan Mobile Legend lebih baik di tempat yang dingin seperti ruangan ber-AC atau minimal ada Kipas anginnya.

Game selanjutnya yang saya mainkan di Andromax A ROM CM 12.1 Butterfly adalah Asphalt 7. Versi sebelum Asphlat 8 ini memang sudah lama dirlis dan termasuk game lama ,tetapi game ini tetap game yang banyak di minati karena gameplay yang mirip dengan versi terbarunya yaitu Asphalt 8, Selain itu ukuran game Asphalt 7 jauh kecil dibanding Asphalt 8.

Asphalt 7 sangat lancar di Andromax A ROM CM 12.1 Butterfly, sangat jarang lag yang saya temui ketika memainkan asphalt 7. Jika kamu mencari game balap HD untuk andromax A Asphalt 7 bisa dijadikan rekomendasi.

Kamera

Setelah memakai ROM CM 12.1 Butterfly kualitas kamera jadi agak menurun dibanding Stock ROM, Noise kamera di Kamera menjadi lebih banyak dibanding Stock ROM.

fitur-fitur kamera di ROM ini juga lebih sedikit dari pada Stock ROM, Fitur yang ada cuma merupakan standar kamera lolipop.

Fitur-fitur

Fitur yang berguna di ROM CM 12.1 Butterfly salah satunya adalah LiveDisplay, LiveDisplay sendiri adalah fitur yang berfungsi untuk mengurangi kelelahan mata ketika di gunakan. AudioFX juga menjadi fitur yang cukup penting untuk bermusik, fitur ini mirip dengan Dolby Atmos. Serta fitur-fitur standar OS lolipop. Jadi jangan berharap lebih pada ROM CM 12.1 Butterfly soal fitur karena bisa dibilang ROM ini "miskin fitur", untuk mengganti walpaper locksreen saja tidak bisa. Tidak adanya Fitur DT2W / Double Tap to Wake juga merupakan kelemahan dari ROM ini, padahal fitur tersebut sangat berguna agar tidak sering menggunakan tombol power.

Battery

Penggunaan Battery ROM CM 12.1 Butterfly tergolong hemat karena mampu bertahan kurang lebih 4 jam untuk full sosmed non-games. Untuk penggunaan games Mobile Legend full mampu bertahan 1,5 jam. Jika anda menggunakan aplikasi sejenis Http injector, KPN tunnel dsb battery akan kuat lebih dari 2,5 jam untuk full sosmed non games, untuk games mungkin penggunaannya sangat bertambah boros.

Bug

Tidak ada yang sempurna didunia ini termasuk custom ROM ini. Selama memakai ROM CM 12.1 Butterfly ini saya cuma menemukan 1 bug yaitu kamera bawaan tidak bisa digunakan untuk merekam, Selain itu jika kita ingin mengganti nada dering entah nada telepon atau alarm dari musik kita diharuskan memilih musik di lagu lalu tambahkan nada dering kemudian kembali pengaturan ke nada dering setelah itu musik kita baru muncul, Ini bug atau tidak saya kurang tahu tetapi ini sangat mengganggu ketika kita ingin mengganti nada dering.

Kesimpulan

Setelah cukup lama menggunakan ROM ini, saya menyarankan ROM ini pada pengguna yang suka main game, suka sosmed, dan tidak terlalu memikirkan fitur serta yang suka musik. Tetapi, untuk yang mempunyai hobi fotografi dan jika anda gila fitur maka sangat tidak disarankan memakai ROM ini karena fitur-fitur yang terbilang sedikit.

0 Response to "Review ROM CM 12.1 Nightly Butterfly Andromax A"