Tips COD ketika membeli HP bekas

Saat ini jual-beli online semakin berkembang pesat. Tidak hanya terjadi di situs Jual-Beli online saja tetapi juga menyebar di Sosial Media seperti Facebook, Instagram dsb. Barang yang ditawarkan pun beragam dari bekas sampai baru atau murah sampai mahal. Tetapi tidak sedikit yang menjadikan ini sebagai tempat penipuan, terkadang barang yang dijual tidak sesuai dengan apa yang di tawarkan khususnya HP, Walaupun sudah COD tetap saja HP yang ada minusnya cukup susah untuk diketahui apalagi jika kamu masih awam tentang HP. Jadi saya akan membagikan tips supaya terhindar dari penipuan ketika COD membeli HP bekas.

COD sendiri adalah singkatan dari Cash On Delivery, Sebenarnya COD bermakna bahwa penjual bersedia mengirim barang ke tempat kita (rumah, kantor, dll) asalkan masih dalam cakupan areanya. Tetapi banyak yang menganggap COD merupakan ketemuan antara penjual dan pembeli untuk mencapai kata "deal".

1. Perhatikan Postingan

Untuk langkah awal jika kamu ingin beli HP bekas pasti akan melihat di Sosmed atau Situs Jual-beli, disini perhatikan postingannya dengan seksama khususnya pada bagian minus dari HP yang akan dijual. Ini sangat penting karena jika kamu tidak teliti ketika membaca akan menjadi masalah pada waktu COD. Misalnya di posting sudah jelas ditulis minus dari HP tersebut yaitu Batterey melembung tetapi karena kamu tidak teliti membaca dan protes ketika COD bahwa batterey melembung padahal sudah sangat jelas tertulis di postingannya maka kamu yang salah dan mungkin jika tidak jadi beli maka penjual akan meminta ganti rugi bahan bakar. Jadi teliti dulu postingannya sebelum COD.


2. Tempat COD

Unuk tempat carilah tempat yang cukup ramai tetapi tidak terlalu cerah, Mengapa ? Hal ini untuk mengecek HP yang akan di beli karena layar, kamera jika kotor atau ada masalah (Layar berkedip, kamera burem, Warna layar aneh) tidak terlalu tampak pada tempat yang cerah tetapi berbeda jika di tempat yang tidak terlalu cerah, permasalahan layar dan kamera akan mudah untuk di cek.


3. Ajak Teman

Teman sangat penting dalam COD, selain untuk mengurangi rasa deg-degan teman juga bisa dimintai cek jika kurang yakin. Untuk teman usahakan ajak yang sangar dalam muka dan badan, hal ini untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Tetapi jika kamu tidak terlalu paham dengan dunia HP maka ajaklah teman yang cukup paham dengan dunia HP, apabila kamu punya teman yang paham tentang HP dan memiliki wajah yang sangar dan badan kekar tanpa pikir panjang ajak dia untuk menemani COD.


4. Cek HP

Ketika cek HP yang dilakukan pertama adalah cek fisik, cek apakah fisik HP memang sesuai denga yang di posting. Jika tidak kamu bisa menanyai nya tentang hal tersebut hal ini juga bisa mengurangi harga HP yang akan dibeli, maka manfaatkan momen ini sebaik-baiknya.

Fisik sudah di cek saatnya cek speaker dengan menyetel musik dengan volume paling keras, Kamera dengan mencoba mengambil foto dengan flash ataupun tanpa flash, lalu cek layar sentuhnya apakah ada bagian yang mati atau normal semua. Setelah itu cek pakai earphone berfungsi atau tidak dan Charge dengan PB jika tidak ada stop kontak di tempat COD, Jika semua sudah beres telpon lah HP yang akan dibeli dan cek mic serta speaker yang digunakan untuk telpon. Jika semua sudah mainkanlah HP tersbut minimal 15 menit untuk membuktikan bahwa HP nya normal.


Selesai sudah dan saatnya untuk membayar HP tersebut



Itulah tips COD ketika membeli HP bekas dari saya, saya sendiri COD beli HO bekas sudah 3 kali dan tidak pernah tertipu sampai saat ini. Dulu pernah sekali COD yang ternyata HP nya sudah tidak segel saya langsung membatalkan karena pada postingannya tidak dicantumkan bahwa HP sudah tidak segel yang membuat saya tidak yakin bahwa HP itu normal. Jika kamu tidak yakin dengan HP nya atau tidak sesuai dengan postingan lebih baik di batalkan saja. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips COD ketika membeli HP bekas"