Memanfaatkan IOT untuk kehidupan sehari-hari

Apa itu IOT ?

IOT merupakan kependekan dari Internet Of Things. IOT adalah sebuah konsep dimana internet akan dimanfaatkan untuk segalanya demi memenuhi kehidupan sehari-hari. Seperti, Menyalakan dan mematikan lampu, membuka dan menutup pintu, menghidupkan dan mematikan kompor dll. Hal ini tentunya akan mempermudah pekerjaan manusia. Sebagai contoh, ketika pergi lupa mematikan kompor, dengan IOT permasalahan tersebut akan mudah teratasi karena kita bisa mematikan kompor melalui HP kita.

ESP 8266

ESP 8266 adalah perangkat yang biasanya digunakan untuk menghubungkan alat elektronik dengan internet sehingga kita bisa mengentrol alat elektronik tersebut dengan internet. Alat ini merupakan alat yang cukup terjangkau jadi tak heran banyak orang yang membuat proyek IOT dengan alat ini. Alat ini bisa diprogram dengan Arduino IDE.

ESP 8266 ini membutuhkan daya sekitar 3.3v dengan memiliki tiga mode wifi yaitu Station, Access Point dan Both (Keduanya). Modul ini juga dilengkapi dengan prosesor, memori dan GPIO dimana jumlah pin bergantung dengan jenis ESP8266 yang kita gunakan. Sehingga modul ini bisa berdiri sendiri tanpa menggunakan mikrokontroler apapun karena sudah memiliki perlengkapan layaknya mikrokontroler.

Firmware default yang digunakan oleh perangkat ini menggunakan AT Command, selain itu ada beberapa Firmware SDK yang digunakan oleh perangkat ini berbasis opensource yang diantaranya adalah sebagai berikut :

NodeMCU dengan menggunakan basic programming lua
MicroPython dengan menggunakan basic programming python
AT Command dengan menggunakan perintah perintah AT command

Itu dulu dari saya tentang IOT. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Memanfaatkan IOT untuk kehidupan sehari-hari"