MIUI atau ZenUI ? Ini dia 9 UI terbaik di Android !

Ui atau User Interface adalah tampilan layar atau antarmuka untuk menjalankan android. UI sendiri berbeda-beda, tergantung vendor yang memberikan UI pada smartphone besutannya. Ada vendor yang memberi stock UI atau membuat UI sendiri. Tapi kebanyakan vendor sekarang memilih untuk membuat UI sendiri-sendiri.

Selain Sebagai antarmuka UI juga menjadi identitas suatu vendor smartphone android. Contohnya saja MIUI khusus smarthphone android milik XIaomi, ASUS yang identik dengan ZenUI nya. Mungkin karena alasan itu lah banyak vendor yang memilih untuk membuat UI sendiri.

UI pada android pun memliki fitur yang berbeda-beda. Biasanya semakin bagus tampilannya dan banyak fiturnya akan semakin berat. Sebaliknya, semakin jelek tampilannya dan fitur yang sedikit akan semakin ringan untuk konsumsi RAM. Maka UI juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih merek Android.

Oke ini dia 9 UI terbaik versi saya.

ZenUI

UI milik ASUS ini sangat bagus dalam tampilan dan fitur. Maka tak heran UI ini cukup berat. Walaupun begitu UI sangat stabil dan nyaman untuk digunakan. Saya pernah memakai ZenUI ketika Android saya masih Zenfone C. Menurut saya ZenUI adalah UI terbaik untuk saat ini.

TouchWiz

Walaupun sudah tidak menggunakan TouchWiz lagi untuk smartphone android besutannya, TouchWiz tetaplah salah satu UI terbaik. Tampilannya yang sederhana dan tidak banyak fitur yang mubazir membuat TouchWiz menjadi salah satu UI terbaik. Kini samsung sudah merilis One UI dan sudah tidak akan menggunakan TouchWiz lagi.

IDOS

IDOS atau Indonesian Operating System, Merupakan UI milik Advan. UI ini merupakan hasil karya anak bangsa. Advan merupakan produk lokal terlaris di Indonesia. Kita harus bangga hasil karya ini. Karena UI ini dapat bersaing dengan UI vendor-vendor lain.

FiraOS

Selain IDOS, FiraOS juga UI buatan anak bangsa. UI ini merupakan UI Polytron untuk smartphone Android besutannya. UI ini diklaim dikhususkan untuk Indonesia, sehingga sangat cocok untuk kita orang Indonesia. Jika berencana untuk mengganti smartphone, tidak ada salahnya untuk melirik produk-produk Polytron. Dengan ini kita juga bisa mendukung produk lokal.

ColorOS

Selanjutnya UI dari OPPO yaitu ColorOS. Untuk UI menurut saya mirip dengan ZenUI dalam tampilan, sama-sama menggunakan ikon yang berwarna cerah dan tampak ceria. Tetapi ikon ColorOS lebih elegan dibandingkan ZenUI. Untuk fitur, ColorOS memiliki fitur yang cukup lengkap.

Funtouch OS

UI milik VIVO ini juga mirip dengan ZenUI dan OPPO, warna ikon yang bewarna cerah. Ciri khas dari Funtouch OS adalah untuk menghidupkan data, bluetooth dll kita harus menarik dari bawah, untuk notifikasi sama seperti UI yang lain, yaitu menarik dari atas. UI ini cukup responsif untuk peralihan menu, bisa dibilang Funtouch OS juga merupakan salah satu UI teringan.

Flyme OS

Selanjutnya adalah UI milik smartphone andalan Meizu. Flyme OS sangat populer didunia peroprekan. Tampilan yang keren merupakan penyebabnya. Jujur saya baru tahu kalau ternyata Flyme OS merupakan UI milik Meizu. Meizu sendiri merupakan vendor Cina, soal segi kepopuleran Meizu masih kalah dan kurang dibanding OPPO, VIVO atau bahkan Xaomi.

EMUI

Jika Xiaomi punya redmi (walaupun kini sudah berpisah), Samsung punya galaxy, Huawei pun punya seri Honor. UI yang digunakan pada honor adalah EMUI, EMUI dulu dikenal dengan Emoticon UI. UI ini begitu elegan dalam tampilan dan sungguh memanjakan mata. Walaupun kurang populer di Indonesia, Huawei bisa menjadi pilihan untuk membeli smartphone android.

MIUI

Pasti semua orang tahu MIUI. MIUI besutan Xiaomi ini memang sudah terkenal khususnya di Indonesia. Xiaomi merupakan vendor dengan penjualan terbanyak dibawah Samsung dan diprediksi akan terus mendekat dan mengalahkan Samsung. Tapi kini Xiaomi dan Redmi berpisah. Bisa dibilang Xiaomi merupakan smartphone kelas atas dan Redmi merupakan kelas menengah kebawah.

Stock UI

UI ini merupakan UI original dari Google. UI ini sangat ringan karena sangat minim fitur dan tampilannya pun sangat sederhana. UI ini digunakan pada Nexus dan pixel milik google. Jika ingin mencoba UI ini. Coba saja ROM CM. Karena mirip, sama-sama ringan dan memiliki tampilan yang sederhana.

Oke itu dia UI UI terbaik di Android. Menurut saya pribadi UI terbaik adalah ZenUI. Karena sangat mudah digunakan dan tampilannya pun menurut saya bagus. Selain itu peralihan menu di ZenUI sangat responsif. Kalau menurutmu UI mana yang terbaik? Tulis pendapatmu di komentar.

0 Response to "MIUI atau ZenUI ? Ini dia 9 UI terbaik di Android !"